SKINCARE ANDALAN UNTUK KULIT SENSITIF, ACNE PRONE, DAN BEKAS JERAWAT (INNISFREE, BENTON, SKIN 1004, BIODERMA) #PART 1


#Update Daily Skincare (Oleh: Riani Suhandi)
 


Skincare, untuk aku pribadi, bukan hanya sekedar kebutuhan melainkan gaya hidup. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa membedakan antara skincare dan make up. Dari penamaannya saja sudah berbeda, fungsi skincare lebih untuk merawat (yang syukur-syukur bisa membantu mempercantik) kulit, skincare biasanya terdiri dari rangkaian micellar water atau susu pembersih, sabun pencuci muka, essence, sunscreen sampai sleeping mask. Sementara make up memiliki fungsi untuk mempercantik dengan menyamarkan kekurangan pada kulit kita. Foundation, lipstick, blush on dan teman-temannya masuk dalam kategori make up.
Nah, sebelum menemukan skincare yang cocok untuk merawat kulit luar biasa sensitif, kemerahan bekas jerawat, sekaligus acne prone-ku ini, aku pastinya harus menghadapi trial dan error terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum mengetahui perjalanku yang sepanjang perjalanan Kera Sakti mencari Kitab Suci sampai ke Barati itu, sila kamu baca di sini Skincare pasca lepas krim dokter Duet Cuka Apel dan Cethapil Lepas Krim dokter
Well... skincare itu kan sama seperti makanan ya, cocok-cocokan. Bisa saja suatu produk cocok untuk kulitku, tapi nggak untuk kamu. Belakangan aku memberanikan diri untuk mencoba skincare dari Negeri Ginseng, Korea Selatan, dan produk dari Bioderma. Siapa yang nggak tahu kalau negara tersebut selain terkenal dengan dramanya, Idolnya, filmnya, makanannya juga terkenal dengan produk-produk skincare-nya yang kini sedang hype di Indonesia. Bahkan beberapa brand sudah membuka gerainya sendiri di pusat-pusat perbelanjaan.
Sayangnya, produk impor terkenal dengan harga yang cukup mahal termasuk skincare dari Korea. Makadari itu, untuk menghindari kerugian, beli lah trial kit atau share in bottle-nya terlebih dahulu (banyak kok di marketplace dan Instragram yang jual) untuk mengetahui kalau kamu cocok dengan produk yang ingin sekali kamu coba, setelah dirasa kalau produk tersebut aman di kulitmu, silakan beli produk tersebut dalam ukuran penuh. Lebih dianjurkan sih untuk mencobanya satu persatu, jangan sekaligus, agar kamunya juga tahu mana yang cocok atau nggaknya. Nah… Pertanyaannya, worth it nggak sih skincare dengan harga yang bikin ngelus dada itu? Jawabannya ya tergantung, bukan kah selalu ada pengorbanan jika menginginkan sesuatu?
Jadi, apa sih produk yang belakangan aku pakai untuk merawat kulitku yang rewel ini?


A.     BIODERMA SENSIBIO H2O MICELLAR WATER   


Add caption

Sebelum akhrinya nekat mencoba Bioderma, aku sudah pernah mencoba micellar water dari Wardah, Nive bahkan Garnier, namun sayangnya hanya Bioderma yang bersahabat di kulitku. Bioderma merupakan brand asal Perancis (informasi ini didapat dari google, kalau salah tolong diberitahu ya akunya) dia memproduksi beberapa produk micellar water untuk beberapa jenis kulit. Berhubung kulitku sedang dalam kondisi mudah kering (padahal kulitku dulu berminyak banget), mudah berjerawat, dan mudah bereaksi terhadap suatu kandungan kosmetik atau skincare alias sedang sensitif-sensitifnya ditambah bekas jerawat membandel, kuputuskan untuk menggunakan Bioderma Sensibio H2o ini sebagai first cleanser-ku dibandingkan dengan Bioderma Sebium yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat.
Kenapa? Karena Bioderma Sensibio H2o ini nggak mengandung fragrarance, alcohol maupun SLS, intinya produk ini nggak mengandung bahan yang membuat kulit semakin kering. Kamu bisa lihat sendiri apa saja yang terkandung dalam Bioderma Sensibio H2o di bawah ini.
WATER (AQUA), PEG-6 CAPRYLIC/CAPRIC GLYCERIDES, CUCUMIS SATIVUS (CUCUMBER) FRUIT EXTRACT, MANNITOL, XYLITOL, RHAMNOSE, FRUCTOOLIGOSACCHARIDES, PROPYLENE GLYCOL, DISODIUM EDTA, CETRIMONIUM BROMIDE.
Expired date, nomer BPOM, sampai kegunaan dari produk ini tertera semu di botol.
Kalau ditanya repurchased atau nggak? Mau nggak mau aku akan jawab iya meski harganya bikin menghela napas. Untuk ukuran 100ml saja aku pernah beli di Sociolla seharga Rp.148.000,- dan ukuran 250ml aku beli di Guardian saat sedang disount seharga Rp 176.000,- (harga aslinya bisa sampai dua ratus ribu ke atas). Tapi untungnya produk ini bisa dipakai lebih dari satu bulan, sih. Dtamba dia juara banget menghapus make up waterproof. Jadi lumayan irit lah.

B.     INNISFREE JEJU VOLCANIC PORE CLEANSING FOAM




Jujur aku belum berani banyak bercerita mengenai produk ini karena baru memakainya kurang lebih dua minnggu (mungkin nanti akan dibuat sendiri ulasan lebih jelasnya). Yang pasti, produk Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam nggak membuat kulitku kering seperti sabun cuci mukaku yang terdahulu, padahal produk ini mengandung surfactant yang dapat memicu kulit kering, namun setelah pemakaian kulitku malah terasa lembut, entah karena aku hanya mencuci muka dengan produk ini sehari sekali saja saat menjelang akan tidur atau karena faktor lain. Meski di awal pemakaian sempat muncul beruntusan pada dahi namun hilang begitu saja.
Kelebihan dari produk ini tuh kemasannya besar, dipakai sebiji kajang hijau saja busanya lumayan banyak, isinya penuh, dengan harga Rp. 120.000,-  di shopee official innisfree account, kuyakin bisa dipakai sampai berbulan-bulan. Repurchased? Belum tahu, lihat nanti saja.
Ingredients:
 WATER, GLYCERIN, STEARIC ACID, MYRISTIC ACID, PEG-32, BUTYLENE GLYCOL, POTASSIUM HYDROXIDE, LAURIC ACID, LAURYLGLUCOSIDE, HYDRATED SILICA,GLYCERYL STEARATE, PEG-100 STEARATE, VOLCANIC ASH, CITRUS UNSHIU PEEL EXTRACT, ORCHID EXTRACT, OPUNTIA COCCINELLIFERA FRUIT EXTRACT, CAMELLIA SINENSIS LEAF EXTRACT, CAMELLIA JAPONICA LEAF EXTRACT, MICROCRYSTALLINE CELLULOSE, MANNITOL,SILICA, ZEA MAYS (CORN) STARCH, COCAMIDOPROPYL BETAINE, POLYQUATERNIUM-7, DISODIUM EDTA, SODIUM BENZOATE, FRAGRANCE

C.     SKIN 1004 (MADAGASCAR CENTELLA TONING TONER)



Setelah mencuci muka, kamu pasti membutuhkan toner untuk mengembalikan PH kulit, dan Skin 1004 (Madagascar Centella Toning Toner) lah yang kini menjadi andalanku. Seperti yang tertera dalam kemasannya kalau toner ini terbuat dari Centella Asiatica atau daun Pegagan dari Madagaskar. Seperti yang kita tahu kalau daun Centella itu memiliki khasiat untuk menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, mengurangi kerusakan kulit, dan segudang manfaat lainnya.
Toner ini memang juara banget sih, dia mampu menenanggkan kulit aku yang gampang banget memerah karena iritasi. Bekas jerawat yang memerah dan menghitam pun perlahan memudar meski nggak instan apalgi hiperpigmenatasi di wajahku lumayan parah. Karena ternyata, selain sebagai toning toner alias toner yang dapat menghidrasi kulit, produk ini juga merupakan exfoliating toner dengan kandungan PHA, dan Niacinamid yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.
PHA (Poly Hydroxy Acid) merupakan suatu zat atau bahan atau apalah itu namanya yang biasanya terkandung dalam produk exfoliating, konon PHA lebih ringan dibandingkan AHA dan BHA. Makadari itu, PHA aman untuk kulit sensitif. Sementara Niacinamid kita sama-samat tahu berfungsi untuk mencerahkan kulit.
Cara pemakaiannya juga mudah, tinggal kamu tuangkan ke kapas, dan usapkan ke kulit, jangan digosok terlalu keras, ya, Sayang.
Produk ini tuh nggak berbau sama sekali, nggak berwarna, persis air banget. Untuk ukuran 210ml aku beli dengan harga Rp 363.000,- di seller resmi dari Skin1004 Indonesia (sila cek di Instagramnya)  dan masih sisa setengah botol sejak dibeli tiga bulan lalu
Repurchased? BIG YES, selain karena cocok di kulit, juga Skin1004 berkomitmen untuk selalu membuat produk skincare  dari bahan-bahan Natural, Raw, Best Ingredients, Paraben Free, Mineral Oil Free, Alcohol Free, NO Artificial Colour, Cruelty Free.

Untuk #Part 1 aku kira cukup sampai di sini dulu karena ternyata tulisanku cukup panjang, dan aku takut kamu kadung bosan membacanya. Mudah-mudahan aku memberikan cukup informasi bagi siapa saja yang sedang mencari skincare untuk permasalahan kulit persis sepertiku, syukur-syukur bisa diskusi.
Di #Part2 aku akan mengulas perihal Benton Snail Bee High Contenc Essence, Skin 1004 Ampoul, dan Sunscreen yang alhamdulillah cocok di kulit aku. Tunggu yaaaa.

Part2


Comments

Popular Posts